cpd... hampir 1 minggu ini saya mengalami masalah dengan printer canon seri iP200 dan iP 1600 kasus yang saya alami printer tersebut tidak bisa buat ngeprint padahal sudah saya cek catridge nya. Ada 2 permasalah di sini yang pertama untuk canon sery seri iP1600 pas buat ngpint ada message "Waste ink absorber is full".
Setelah saya tanya ke bhah google dikasih solusi kurang lebihnya seperti ini :

#jika printer canon kamu punya masalah ada tulisan "Waste ink absorber is full" coba kamu pake cara di bawan ini#

1. Cabut power ac printer canon iP kamu dari tegangan AC PLN
2. Tekan dan tahan tombol power printer canon iP kamu kemudian colokkan lagi power AC printer kamu
3. Lepaskan tombol power printer canon kamu.
4. Tekan lagi power printer canon kamu.

Nah.. saya sudah menuruti kata-kata yang di berikan bhah google tersebut dan teryata terbukti bagaikan obat pereda rasa sakit sejenis parasetamol kasus "Waste ink absorber is full" sudah beres.
Hati saya begitu senang spontan saya meneriakkan kata YES..!!! tanpa kata OH.. di depannya dan kata OH NO... di belakangnya, setelah saya konsen di start menu >>> trus langsung menuju ke printer saya sangat bernafsu sekali untuk segera mencobanya, dengan sangat penasaran saya tekan tombol "Test Print Page" saya tidak sabar menunggu beberapa detik, apa yang akan terjadi pada printer canon iP ini, setelah terdengar bunyi kretek.... krek..krek..krek mak.... dung... SUNGGUH SANGAT KECEWA HATI ini, bagaikan disambar halilintar, hujan, badai mendung hitam dan mungkin seperti di putus seorang kekasih, ada pesan eror seperti ini:

[caption id="attachment_189" align="alignleft" width="268" caption="Ini pesan erornya"]Ini pesan erornya[/caption]

Hampir saja saya prustasi, sejenak kemudian saya minum segelas air mineral sambil berpikir kenapa kok seperti ini ya?belum habis air mineral yang saya minum lansung dengan spontan saya pergi lagi ke rumahnya bhah google kemudian ini yang saya tanyakan "resetter printer canon iP1200" . Setelah itu saya menuruti semua petunjuk yang di berikan:

Tahap Pertama (Reset Hardware)
1. Matikan printer, lalu cabut kabel power.
2. Tekan dan tahan tombol Power (gunakan jari telunjuk untuk menahan tombol power).
3. Pasang kembali kabel Power.
4. Gunakan jari tengah untuk menekan tombol Resume sebanyak 2 kali.
5. Lepaskan jari telunjuk anda dari tombol Power.
6. Anda telah menyelesaikan tahap pertama untuk reset Ink Tank Full Error (lampu power berkedip-kedip).

Tahap Kedua (Reset Software)
1. Download IP1200 & 1600 Resetter dari sini
2. Ekstrak / Unrar di sembarang folder
3. Pastikan attribut semua file bebas dari Read Only.
4. Jalankan GeneralTool.exe
5. Pada USB Port pilih Port printer anda.
6. Pilih (centang) EEPROM CLEAR
7. Sediakan kertas kosong untuk print. Lalu Klik tombol Test Pattern 1
8. Selesai Printer IP1200 dan IP1600 anda normal kembali.

Sungguh seperti mimpi di siang bolong petunjuk yang di berikan simbah google ternyata manjur kalo saya boleh mengartikan seperti obat penyakit AIDS (kalou sudah ada obatnya) sungguh fantastiko, berhasil-berhasil-berhasil (Versus Dora The Exploler).

Yah... waktunya nyantai sejenak, sambil minum segelas air mineral yang tadi belum saya habiskan... huh... 1 kasus telah terselesaikan... tinggal 1 kasus lagi

#################################

15 menit kemudian...

Saya ambil printer canon iP1200, saya ikuti semua nasehat/petuah yang di berikan bhah google diatas dan hasilnya adalah nihil tidak berjalan sesuai yang saya inginkan lampu power dan resum berkedip bergantian, lampu power berkedip 1 kali, lampu resum berkedip 4 kali.

LA... ini mungkin ada rekan-rekan yang bisa membantu kasus printer canon iP1200 ini, bila ada yang berbagi saya sangat berterima kasih dan sampai tulisan ini saya buat saya masih mencari ADA APA DENGAN CINTA?? maksudnya ada apa dengan printer ini???.

31 komentar:

  1. Waduh...
    Saya ndak bisa mbantu apa2...
    Bisanya cuman berdoa.
    Mungkin perlu banyak mencoba dan mencoba. Printer inkjet agak ribet. Punya saya sudah mangkrak lama tanpa solusi.
    Itung2 malah boros perawatan. Ongkos servis & sparepartnya juga mahal. Lebih ngirit ngeprint di kantor. Udah gratis, hasilnya lebih bagus.

    marsudiyanto’s last blog post.."M" Adalah Macam Macam

    BalasHapus
  2. pak, kalo cara menanggulangi catridge printer HP yang macet gimana ya, aku kadang juga sedih sama printerku.

    waktu ada tugas aja, eh printernya mogok :(

    arifudin’s last blog post..Dapat award

    BalasHapus
  3. @marsudi terimaksih do'anya. ngeprint di kantor pak marsudi bisa aja. tapi kalo di pikir2 enak juga kok pak nice tips.....
    @Arifudin hp type berpa om udin... kalo menurut pengalaman saya printer hp type D2xxxx yang warna HITAM SILVER itu lo... memang catridge nya mudah macet, apalagi kalo ngk sering di pake... yg type itu saya punya satu kasus akhirnya catridge nya di ganti. tapi coba dulu di bersihkan headnya OM...pake pembersih head yg di jual di toko2 itu kalo udah ngk bisa yah terpaksa beli lagi ..... hik hik....

    BalasHapus
  4. saya pindah ke lain hati
    pake HP wehehehehehe
    beli baru aja wes kl biaya benerinnya lbh mahal

    cebong ipiet’s last blog post..Masa Kecil



    unting : la kenapa?kok pindah ke lain apa apa gerangan pernah di sakiti hatinya? hik ihik.....

    BalasHapus
  5. wah..... gimana ya..... hmmmmmm (gayane mikir, padahal g ngerti)

    aku ikut ndoakan ae kang.. :)

    azaxs’s last blog post..Pelatihan Wirausaha

    BalasHapus
  6. Terima kasih doanya pak azax, ehem....:)

    BalasHapus
  7. hmmm, saya juga bantu lewat doa aj lah..salam kenal

    cisthouse’s last blog post..Blogging For Society

    BalasHapus
  8. waduwh kena moderation deh..hehe

    cisthouse’s last blog post..Blogging For Society

    BalasHapus
  9. @cist saLam kenal balik, terimakasih doanya, he he iya kena moderation....

    BalasHapus
  10. waduh

    ntar mas kuliah dulu
    hehehehhe

    BalasHapus
  11. waduh..gk tau, saia pengguna setia Epson sie :D

    namada’s last blog post..Api Segunung, Air Segelas

    BalasHapus
  12. Hmm, kalau disini, printer HP jadi juaranya, mereka ngecap setiap menit 7 printer kejual di dunia... keren ya

    Raffaell’s last blog post..Internet Explorer 8 Delay

    BalasHapus
  13. @cena moggo-monggo kalo mau kul dulu
    @mamada makasih dah mampir
    @raffaell saya dulu jugapake hp
    @bandil monggo titip ra bhayar...

    BalasHapus
  14. info yang menarik dan bermanfaat nih, mas unting. soalnya, saya juga sering dibuat frustrasi sama printer tuh. sekarang malah barusan ngganti catridge, hiks. ternyata ada trik2nya.

    sawali tuhusetya’s last blog post..Sang Guru dan Tanah Kelahiran

    BalasHapus
  15. Malam pak..

    Semoga lekas sembuh pak..

    wongbagoes’s last blog post..Pesta Blogger 2008, Seru!!!

    BalasHapus
  16. @Wb malam juga pak iya neh semoga....

    BalasHapus
  17. sekarang printernya apa sudah kembali normal? mungkin bisa ditanyakan langsung ke service centernya .. biar lebih seep hasilnya :D

    adinata’s last blog post..Memindahkan (Import) Blog di Wordpress

    BalasHapus
  18. wah, blog nya belum di update mas..
    monggo2

    BalasHapus
  19. @adinata iya neh udah, teryata ganti catrignya wedew udah beres kok
    @lathi lom sempat neh update masih ada sedikit kesibukan

    BalasHapus
  20. wah mas unting saia pake HP, jadi nda ngerti canon

    BalasHapus
  21. @cena he he he cena ngk pa pa kok lagian in udah bisa ko printernya

    BalasHapus
  22. saya pernah ngelakuin kaya gitu,
    tapi ujung2 setiap restart minta digituan terus mas

















    iyah kadang juga seperti itu ngk
    tau printer jaman sekarang kok gampang rusak ya?salah pemakaian
    apa dari sononya udah di set biar cepat rusak?







    dikma’s last blog post..Sukses Bersama PayPal

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!